Lomba SEO Mipa UGM

saya ada tambahan sedikit untuk para blogger tanah air. Ada mandat lagi dari ketua lomba TOPCOP 2010 FMIPA UGM. Dimana ternyata lomba-lomba ditambah dengan berbagai lomba yang telah ada sebelumnya. Kali ini lomba SEO dari FMIPA UGM. Beritanya bisa di lihat di bawah ini,

LOMBA SEO

Tema :

Optimalisasi Teknologi Informasi Dalam Pewacanaan Rekonstruksi Paradigma Sains Untuk Kemajuan Bangsa

WAKTU Pendaftaran paling lambat :

15 Oktober 2010 (diundur hingga 27 November 2010)

Hadiah:

Juara I

  • Uang Tunai Rp. 600.000,-
  • T-Shirt topcop.

Juara II

  • Uang Tunai Rp. 500.000,-
  • T-Shirt  topcop

Juara III

  • Uang Tunai Rp. 400.000,-
  • T-Shirt topcop

NB : Hadiah akan dibagikan mulai tanggal 28- 30 November 2010. Uang tunai akan kami kirim langsung ke rekening (BCA, Mandiri, BNI, BRI). Pembayaran via paypal atau Libertyreserve 1 USD = 10.000,- Untuk T-Shirt, kirimkan via PT. Pos indonesia. Ukuran T-Shirt All Size.

Lengkapnya, kunjungi TOP-COP-2010, dimohon rekan-rekan blogger bisa mengikutinya…😀

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , | 13 Komentar

TOPCOP 2010 : Olimpiade Fisika

Nah, karena saya dapet mandat langsung untuk menyebarkan info olimpiade yang diselenggarakan oleh senior angkatan saya, dimana olimpiade ini ditujukan untuk siswa SMP dan SMA. Untuk lebih lengkapnya, silahkan lihat kutipan dibawah ini,

Olimpiade Fisika

Persyaratan peserta:

Siswa SMP/MTs atau SMA/MA se Indonesia

HTM:

SMP / MTs: 100.000 (untuk peserta Olimpiade dan Guru Pendamping), gurunya nanti mengikuti workshop

SMA / MA: 100.000 (untuk peserta Olimpiade dan Guru Pendamping), gurunya nanti mengikuti workshop

100.000 sudah paket-an, jika mendaftarkan muridnya untuk mengikuti maka harus ada guru pendampingnya

Waktu Kegiatan :

Sabtu – Minggu, 27-28 November 2010

Tempat Kegiatan :

Fakultas MIPA UGM

HADIAH :

 SMA

Juara 1 : Rp 5.000.000,00

Juara 2 : Rp 3.500.000,00

Juara 3 : Rp 2.000.000,00

 SMP

Juara 1 : Rp 3.000.000,00

Juara 2 : Rp 2.000.000,00

Juara 3 : Rp 1.000.000,00

Form pendaftaran bisa dilihat di sini

jika rekan-rekan blogger punya adik, atau temen yang berumur sekitar anak SMA atau SMA, berita ini bisa disampaikan langsung kok. Link asli menuju websitenya bisa di cek dibawah ini,

TopCop2010 dan TopCop2010(wordpress)

Dipublikasi di Uncategorized | Tag , , | 14 Komentar

Oh, Mekanika Kuantum

Mungkin inilah alasan realistis yang tidak dihadapi semua orang di Indonesia. Saat sebagian besar mereka beranggapan, “Fisika sulit, rumusnya itu loh bikin muntah dihapalin.” Logis memang, namun hal demikian belum benar-benar saya rasakan saat memasuki semester ini. Semester 5. Bisanya adalah hal paling ekstrem di setiap kuliah di jurusan apapun karena materi puncak diberikan disemester ini. Tak terkecuali bagi saya. Mahasiwa UGM semester 5 MIPA Fisika. Alasan bahwa rumus itu rumit untuk dihapalkan sudah bukan alasan yang logis bagi mahasiswa fisika seperti saya dan teman-teman, dan jika jawaban itu kami berikan pada dosen, tentu akan ditolak mentah-mentah (selalu ada alasan bagi dosen untuk membalik alasan itu, jadi percuma jawab begitu). Jadi sekarang ada alasan baru yang kami temukan untuk menganggap ini BENAR-BENAR SULIT.

Mekanika Kuantum. Ada yang pernah denger? Hehe, dosen bilang, “Ini hal yang sampai detik ini belum benar-benar saya pahami.” Loh? kenapa bilang begitu? Itulah kejujuran seorang dosen, yang akhirnya menjatuhkan mental para mahasiswa yang mau tak mau ikut-ikutan pusing karena penjelasan dosen pun terkadang dipikirkan oleh dosen sendiri, “bener gak yah?” haha, baru kali ini, beberapa dosen pengampu mata kuliah yang kejam ini mengajar dan banyak mengatakan hal demikian. Padahal daftar perjalanan mereka hingga jadi S3 dan profesor tidak diragukan, namun menjelaskan kepada kami yang masih “hijau” seperti memaksa seorang bayi berumur satu tahun untuk bisa segera berlari. Gila? SANGAT… hehe.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Fisikaku | Tag , | 7 Komentar

Sabarnya Dalam Mengajari

Tanpa gambar nih. Bingung saya harus ngasih ilustrasi apa. Hehe, bagi-bagi pengalaman aja deh, sekaligus masuk kategori motivasi analisis. Tentang mengajar. Eits, jangan berpikir saya sudah bisa mengajar loh. hehe, siapa yang mau diajari, wong terkadang materi yang mau diajarkan saja bingungnya setengah mati. hahai… Nah, ini pengalaman saya saat semester ini kebagian menjadi asisten praktikum lab. Sehingga saya ingin bagi-bagi cerita bagaimana mengajari para mahasiswa baru dalam mengerjakan tugas praktikum mereka.

Nah, hal ini sering dijumpai dalam jurusan yang berkaitan dengan IPA. Kalau asisten setau saya lebih kepada Asisten Dosen, itu mungkin akan berbeda kasusnya. Semester ini, karena saya kebagian menjadi asisten praktikum, yang dalam jurusan Fisika saya ini termasuk mata kuliah wajib, mau gak mau diambil juga kan? Akhirnya hari selasa kemaren waktunya asisten juga. Bingung sebenernya mau jelasin apa ke mereka. Karena pengalaman baru bagi saya. Akhirnya saya coba jelasin aja bagaimana cara alatnya bekerja, kemudian pengambilan data, dan menjelaskan apa saja yang harus ditulis dalam laporan nanti. Dan ternyata… tidak semudah yang saya bayangkan.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Motivasi Analisis | Tag , , , , , | 17 Komentar

Inspiring Person : Mario Teguh

Siapa yang tidak mengenal sosok ini. Seorang yang dengan bijak memberikan motivasi-motivasi kepada masyarakat Indonesia secara luas. Baik dengan motivasi secara langsung di TV swasta nasional, atau bahkan bisa kita baca di buku-buku beliau atau di website beliau. Itulah mengapa beliau begitu banyak penggemarnya, karena beliau memberikan kita movitasi yang selalu mengajarkan bahwa kita sendiri mampu memperbaiki kondisi yang ada saat ini. Bukan motivasi yang memberikan segalanya (dengan artian tetap mengajarkan kita untuk berpikir dengan motivasi yang diberikan oleh beliau. Nah, kali ini, inspiring person kali ini saya akan mencoba menceritakan dari sudut pandang saya sendiri mengamati Pak Mario saat pertama kali kuliah dan setelah ini. Oia, sebelumnya, saya berikan biografi singkat beliau.

lahir di Makassar, 5 Maret 1956; umur 54 tahun) adalah seorang muslim yang menjadi motivator dan konsultan asal Indonesia. Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunnitas Mario Teguh Super Club (MTSC).

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Inspiring Person | Tag , , , | 14 Komentar

Olahraga di Minggu Pagi

SNah, bagaimana weekend rekan-rekan hari ini. Sebenarnya sudah mulai dari jumat sore yah weeken itu, kemudian sampai di hari minggu ini. Sudah menghabiskan wktu bersama keluarga tercinta? atau bersama pasangan? atau malah tetap sibuk dengan segla rutinitas yang seperi biasanya? Hehe, sekedar bebagi saja apa yang saya lakukan di hari minggu, weekend yang lama tidak saya kerjakan nih. Mumpung suasana kota Jogja agak cerah, karena tiap hari pasti hujan untuk bulan-bulan ini, jadi memilih untuk lari di sore hari tidaklah baik, sehingga saja lakukan saja di pagi hari. hehe…

Nah, itulah weekend yang saya lakukan. Bangun shubuh hari, membasuh wajah dengan dinginnya air keran, sholat, sayangnya saya tidak sarapan, minum beberapa gelas air, sembari menunggu pukup 5.30 untuk segera melaksanakan lari pagi, menyalakan laptop hanya iseng mendengarkan koleksi musik. Nah, akhirnya tepat jam 5.30, bergegas melakukan latihan lari pagi. Setelah lama tidak olahraga lari, jadinya pemanasan yang saya lakukan cukup lama. Daripada kram otot di jalan atau pingsan, kan gak lucu. Haha, loh ketawa. hehe, berbekal 20 ribu perak, kemudian memakai kaos seminggu yang lalu, celana training panjang, dan jacket. yah, alasannya agar keringat lebih banyak keluar kalau make jacket. Rute saya ambil ke utara. Karena kontrakan berada di jalur JAKAL (Jalan Kaliurang) kilo 6, tapi geser ke barat 1 kilo, hehe, tepatnya jalan Palagan, saya menempuh dari sana, berharap bisa mengambil jalan memutar ke Kaliurang.

Sayang beribu sayang, badan yang jarang ditempa oleh latihan fisik, badanku sudah loyo, belum ada 2 kilo badan sudah terasa mau ambruk, kan gak lucu dilihat para olahragawan (orang2 yg lagi olahraga) yang menggunakan jalur yang sama dengan saya karena mereka masih merasa fit semua. Hehe, jadi karena nafas semakin sengal, kemudian dehidrasi memuncak, akhirnya saya putuskan untuk berbalik arah.

Ada pesan yang ingin saya sampaikan sebagai analisis motivasi saya :

  1. Kehidupan ini harus seimbang. Bagaimanapun, tetap menjalankan hiduo sehat di sela-sela kesibukan. Setidaknya cukup olahraga 2 kali seminggu selama satu setiap olahraganya itu sudah cukup menjaga stamina.
  2. Jangan nekat. hehe, saya cukup nekat untuk menempuh rute jauh sampai ke Kaliurang, namun hal itu mustahil jika ternyata latihan fisik pun jarang saya lakukan. Jadi jangan berharap mendapat kesuksesan besar, jika prosesnya tidak anda lalui dengan bertahap.
  3. Sehat itu penting. Sakit itu terakumulasi saat usia beranjak menua. Jika masa muda sering manjaga kesehatan, dijamin masa tuanya akan mengalami kestabilan kesehatan. Dan sebaliknya, jadi pilihan itu berdampak pada masa depan, sebelum terlambat, mari tetap jaga kesehatan.

Semoga weekend saya kali ini cukup memberikan motivasi untuk tetap hidup sehat. Salam.

Dipublikasi di Motivasi Analisis | Tag , , | 13 Komentar

Ayo NgeBlog…!

Kemarin, setelah menulis artikel tentang, mengajak untuk menulis, dan sekarang waktunya mengajak untuk ngeBlog. nah, yang belum tau apa sih itu blog, nanti saya akan menjelaskan secara singkat. Lalu untuk apa sih ngeBlog itu? Yah, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, dan tentu tak kurang juga kekurangannya jika kita tidak dapat memanfaatkannya atau malah menggunakannya dengan jalan yang salah. Bagaimana?

Blog itu apa sih? Simple dan sederhananya, mungkin yang membaca blog saya ini juga seorang blogger. Betul? Nah, blog itu sendiri menurut definisi saya adalah, bagaimana menampilkan tulisan yang telah kita buat dalam suatu media internet dimana bertujuan untuk mensharingkan apa yang telah kita tulis tersebut kepada khalayak ramai. Kemudian, blog tersebut dapat di”make up” sedemikian rupa sehingga apa yang telah ada sebelumnya menjadi lebih menarik untuk dilihat. Analogi mudahnya, saat dulu kita bermain Friendster, dan layoutnya bisa diganti-ganti sehingga orang lain yang melihat juga lebih merasa betah. Lalu apa sih manfaatnya?

Blog, lebih luas dari sekedar menulis. Ada sebagian orang telah menggunakannya sebagai media untuk “share file” bagi-bagi file yang kita miliki. Atau kerennya seperti Rapidshare. Walau tak sepenuhnya seperti itu, namun blog seperti itu menaruh halaman download pada blog mereka yang berkaitan langsung dengan jasa storage yang menawarkan uang sebagai jasa telah mendownload dari server mereka. Jadi bisa jadi lahan bisnis dong? Nah, gampangnya seperti itu. Namun, bicara bisnis, terlalu luas maknanya. Sehingga saya cukupkan dulu sampai sini. Kemudian kita lanjutkan ke manfaat berikutnya.

Ajang pamer karya. Nah, bagi rekan-rekan yang hobby sama desain grafis, desain digital, fotografer, tak sedikit dari blogger yang menggunakannya untuk ajang pamer karya ini. Dan ternyata banyak juga ilmu-ilmu yang dibagikan. Jadi tak melulu soal tulisan, tak melulu soal informasi seperti di koran online. Pemakaiannya bisa terus meluas. Sehingga bermanfaat bagi banyak netter untuk mencari ilmu soal desain digital dari blogger seperti mereka. Bisnis? Wah, bicara bisnis lagi yah? Gak sedikit loh bisa tajir dari bisnis ini. Hehe, menjual jasa pembuatan kartu undangan pernikahan dari blog, kartu nama, kemudian, wallpaper, atau paling kompleksnya bekerja sama dengan para progamer untuk membuat template blog itu sendiri. Loh, malah banyak jaringan kan? Tertarik buat blog?

Manfaat terakhir yang ingin saya ceritakan, bahwa blog itu melatih kita dalam hal-hal yang belum kita pelajari sebelumnya. Dulu yang jarang membaca jadi sering membaca guna mengupdate blognya. Dulu yang jarang ngobrol sama orang yang belum dikenal, di blog jadi saling silaturahmi. Dulu menganggap blog hanyalah ulasan diari harian, ternyata bisa menjadi penulis terkenal. Dan banyak lagi manfaat yang dapat kita raih dari blog. Ayo kapan lagi kalau gak sekarang?

Nah, yang perlu diingat adalah blog seperti tanaman. Tumbuh perlahan. Tak bisa kita paksa untuk cepat terkenal. Tak bisa juga kita paksa untuk mengisi opini-opini berkualitas. Semua itu ada dengan proses dan pengalaman yang akan kita dapatkan sembari menulis di blog. Sehingga menikmati setiap prosesnya perlu. Jangan sampai berhenti ditengah jalan kalau hanya berpikir blog menghasilkan uang, tapi tidak maksimal, atau alasan lainnya. Semoga blog bisa membuat rekan-rekan lebih berkreasi lagi.

Dipublikasi di Motivasi Blogging | Tag , , , | 12 Komentar