Inspiring Person : Andy F.Noya

Siapa yang tidak mengenal tokoh kita disamping ini? Kali ini, saya mendapatkan ide untuk membuat kategori tulisan berjudul, ISPIRING PERSON. Dimana saya sendiri akan memberikan opini tentang kesuksesan para tokoh kita, dan mengumpulkan beberapa tokoh sukses lainnya yang bisa menjadi panutan inspirasi bagi kita semua.

Andy F.Noya. Lebih kita kenal dengan bung Andy dalam acara talkshownya di sebuah TV swasta Metro TV setiap hari jumat malam jam 7 malam WIB. Beliau mengangkat masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kita, masalah yang tidak pernah menjadi perhatian kita, yang dapat terus menginspirasi kehidupan, itulah acara yang senantiasa dihadirkan setiap tayangnya. Jika ingin mengetahui siapa sebenarnya Andy F.Noya ini, bisa di klik link yang sudah saya berikan, karena anda akan langsung menuju website dengan segala macam yang ingin anda ketahui tentang beliau dan acara talkshow yang dibicarakannya.

Apa yang sebenarnya menarik yang ingin saya bahas disini? Mungkin anda belum mengetahui, bahwa kesuksesan beliau ini, tak lepas dari mimpinya dan cita-citanya dimasa lalu. Loh? bukannya itu biasa? Oh, tentu tidak. Ini luar biasa. Saya berikan ilustrasi sederhanya. Apa sih yang akan anak TK-SD katakan tentang cita-cita mereka? Mau jadi apa anak-anak? aku-aku, mau jadi dokter, kata anak lainnya. aku-aku, mau jadi insinyur, kata anak yang lainnya lagi. Pernahkah terbesit dalam pikiran kita bahwa itu semua hanya lontaran keinginan semata? Kemudian dimasa depan, dalam perjalan hidup kita pun cita-cita dan mimpi itu berubah sesuai dengan keadaan yang kita jalani, mencari bentuk ideal yang terjadi dalam kehidupan kita, terbentur dengan norma, ekonomi, sosial, cemoohan, dan segala bentuk benturan yang tak jarang kita menyaksikan banyak orang yang membuang mimpinya jauh di dalam hatinya. Lalu bagaimana sebenarnya dengan Bung Andy ini?

Saya temui rahasia beliau akhirnya. Iseng beli buku berjudul, “Your Job Is Not Your Career!” karya Rene Suhardono, di bagian terakhir buku tersebut diceritakan tentang bagaimana bung Andy menapaki langkah kesuksesannya. Beliau sukses tepat sejak beliau mencanangkan mimpi dan cita-citanya sejak SD. Yah, benar, beliau saat ini itu berkat cita-cita beliau yang beliau jaga dan beliau usahakan sejak SD. Disaat anak-anak seumuran itu, telah mengalami berpuluh-puluh kali mengganti cita-cita mereka, namun tidak dengan bung Andy. Hal ini semakin dikuatkan oleh semangat beliau dalam setiap pelajaran bahasa Indonesia, mendapatkan nilai tinggi untuk mata pelajaran mengarang, sampai himbauan seorang gurunya yang menyemangatinya bahwa dirinya akan sukses jika memilih profesi sebagai wartawan. Dan apa yang dapat kita lihat sekarang?

Nah, berkaitan dengan artikel saya sebelum ini, beliau memiliki perjalanan yang cukup sulit untuk meraih gelar wartwan yang disandingnya sebelum kita kenal dalam K!ckAndy. Beliau setamat SD dimasukkan oleh orang tua ke sekolah tekhnik. Analisis saya bahwa ini salah satu bentuk benturan yang dapat mengubah jalur cita-cita yang telah kita rencanakan. Kemudian beliau tetap tidak mengindahkan dan menolak untuk mendapatkan beasiswa IKIP Padang saat itu, dan melanjutkan sendiri ke Sekolah Tinggi Publistik Jakarta namun tanpa pembiayaan orang tua. Analisis kedua saya, ini termasuk benturan yang ketiga, setelah menolak beasiswa (siapa sih yang mau menolak? untuk sebagian besar orang tak pernah mau menolak hal ini) sebagai benturan kedua. Lalu bagaimana perjalan sekolah tinggi beliau? ternyata beliau Drop Out dikarenakan tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah lagi. Ternyata benturan keempat menurut cerita beliau dapat dikatakan titik puncak yang saya pahami. Akhirnya beliau mendapatkan langkah demi langkah kesuksesannya.

Setelah Drop Out, beliau diterima menjadi reporter disebuah koran bisnis, kemudian terus melangkah menjadi redaktur, korlip, redaktur pelaksana, hingga redaksi pada kedudukan tertinggi. Inilah mengapa saya sebut beliau telah jauh merencanakan kesuksesannya dan siap menerima kesuksesannya dengan terus memperjuangkannya, walau benturan-benturan tetap menghadapinya. Tapi, beliau tidak “nyaman” begitu saja, tapi beliau memiliki tekad untuk mencapai kebahagiaan dengan berbagi. Akhirnya program K!ckAndy yang dapat kita saksikan inilah yang menjadi puncak kesuksesan beliau menekuni bidang profesi yang dia inginkan, dia cintai, sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Dapat kita tarik kesimpulan dari apa yang menjadi kekuatan sukses beliau. Yaitu, Passion rasa puas akan menekuni bidang yang ditekuninya mengalahkan rasa mencari uang dalam dunia pekerjaan, memberikan kontribusi besar terhadap dirinya dan orang-orang disekitarnya, bahkan sampai seluruh masyarakat yang menyaksikan beliau, hal ini bukan tidak mungkin kita dapat melakukannya, dengan terus mencari ke lubuk hati kita, “apa sih yang sebenarnya ingin saya raih, saya capai, bidang yang benar-benar membuat saya menjadi semangat untuk terus melakukannya,” semua hal itu perlu kita pikirkan kembali. Demikian kisah ispiratif dari tokoh inspiratif kita. Semoga Bermanfaat.

Iklan

Tentang Hanif Mahaldi

Mahasiswa di UGM Jogja Jurusan Fisika Mipa, masih terus belajar mencari arti kesuksesan dengan "passion" menulis, bercerita dengan tulisan, atau apapun yang benar-benar bisa menyenangkan dengan tulisan.
Pos ini dipublikasikan di Inspiring Person dan tag , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Inspiring Person : Andy F.Noya

  1. dian sahid berkata:

    kisah menarik dari seorang andy, mungkin bisa jadi salah satu contoh untuk kita yang ingin sukses meraih cita2 di dunia.

  2. gerhanacoklat berkata:

    andy memang tokoh yang inspratif πŸ™‚

  3. Arif R. berkata:

    bisa jadi contoh…

  4. Dani berkata:

    oh, baru kutahu kick andy itu begitu. patut di contoh tuh :mrgreen:

    trim’s ya udh mau mengunjungi blogku πŸ˜€ Datang lg ya..! πŸ™‚

  5. Andre berkata:

    hmm.. Bagus juga ide untuk bikin kategori Inspiring Person-nya, mas..

    Yang sangat khas dari bung Andy adalah dia bisa mempertanyakan hal-hal yang super sensitif pada narasumber tanpa membuat marah dan tidak merasa dipermalukan audience.

  6. dedekusn berkata:

    Betul banget Gan “rasa puas dalam menekuni bidang yang ditekuni bisa mengalahkan rasa mencari uang dalam dunia pekerjaan” , menikmati & mensyukuri pekejaan yg kita lakukan merupakan salah satu kunci seseorang sukses & profesional dibidangnya & Andy F. Noya mengaplikasikannya dlm profesinya.

  7. Piss berkata:

    Sy juga sering melihat tayangan ini…. beliau emang keren… acara yg dibawakan jadi hidup ga menjemukan…

  8. Asop berkata:

    Saya suka buku kumpulan kisahnya… 😳

  9. ratansolomj9 berkata:

    mf baru bisa kunjung balik Mas, salam kenal dan sukses selalu untuk anda …Tks

  10. susiloadysaputro berkata:

    Saya puas jadi anak Elektro..tapi saya juga puas kalo berdagang…semoga bisa digabungkan..amiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s