Ayo NgeBlog…!

Kemarin, setelah menulis artikel tentang, mengajak untuk menulis, dan sekarang waktunya mengajak untuk ngeBlog. nah, yang belum tau apa sih itu blog, nanti saya akan menjelaskan secara singkat. Lalu untuk apa sih ngeBlog itu? Yah, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, dan tentu tak kurang juga kekurangannya jika kita tidak dapat memanfaatkannya atau malah menggunakannya dengan jalan yang salah. Bagaimana?

Blog itu apa sih? Simple dan sederhananya, mungkin yang membaca blog saya ini juga seorang blogger. Betul? Nah, blog itu sendiri menurut definisi saya adalah, bagaimana menampilkan tulisan yang telah kita buat dalam suatu media internet dimana bertujuan untuk mensharingkan apa yang telah kita tulis tersebut kepada khalayak ramai. Kemudian, blog tersebut dapat di”make up” sedemikian rupa sehingga apa yang telah ada sebelumnya menjadi lebih menarik untuk dilihat. Analogi mudahnya, saat dulu kita bermain Friendster, dan layoutnya bisa diganti-ganti sehingga orang lain yang melihat juga lebih merasa betah. Lalu apa sih manfaatnya?

Blog, lebih luas dari sekedar menulis. Ada sebagian orang telah menggunakannya sebagai media untuk “share file” bagi-bagi file yang kita miliki. Atau kerennya seperti Rapidshare. Walau tak sepenuhnya seperti itu, namun blog seperti itu menaruh halaman download pada blog mereka yang berkaitan langsung dengan jasa storage yang menawarkan uang sebagai jasa telah mendownload dari server mereka. Jadi bisa jadi lahan bisnis dong? Nah, gampangnya seperti itu. Namun, bicara bisnis, terlalu luas maknanya. Sehingga saya cukupkan dulu sampai sini. Kemudian kita lanjutkan ke manfaat berikutnya.

Ajang pamer karya. Nah, bagi rekan-rekan yang hobby sama desain grafis, desain digital, fotografer, tak sedikit dari blogger yang menggunakannya untuk ajang pamer karya ini. Dan ternyata banyak juga ilmu-ilmu yang dibagikan. Jadi tak melulu soal tulisan, tak melulu soal informasi seperti di koran online. Pemakaiannya bisa terus meluas. Sehingga bermanfaat bagi banyak netter untuk mencari ilmu soal desain digital dari blogger seperti mereka. Bisnis? Wah, bicara bisnis lagi yah? Gak sedikit loh bisa tajir dari bisnis ini. Hehe, menjual jasa pembuatan kartu undangan pernikahan dari blog, kartu nama, kemudian, wallpaper, atau paling kompleksnya bekerja sama dengan para progamer untuk membuat template blog itu sendiri. Loh, malah banyak jaringan kan? Tertarik buat blog?

Manfaat terakhir yang ingin saya ceritakan, bahwa blog itu melatih kita dalam hal-hal yang belum kita pelajari sebelumnya. Dulu yang jarang membaca jadi sering membaca guna mengupdate blognya. Dulu yang jarang ngobrol sama orang yang belum dikenal, di blog jadi saling silaturahmi. Dulu menganggap blog hanyalah ulasan diari harian, ternyata bisa menjadi penulis terkenal. Dan banyak lagi manfaat yang dapat kita raih dari blog. Ayo kapan lagi kalau gak sekarang?

Nah, yang perlu diingat adalah blog seperti tanaman. Tumbuh perlahan. Tak bisa kita paksa untuk cepat terkenal. Tak bisa juga kita paksa untuk mengisi opini-opini berkualitas. Semua itu ada dengan proses dan pengalaman yang akan kita dapatkan sembari menulis di blog. Sehingga menikmati setiap prosesnya perlu. Jangan sampai berhenti ditengah jalan kalau hanya berpikir blog menghasilkan uang, tapi tidak maksimal, atau alasan lainnya. Semoga blog bisa membuat rekan-rekan lebih berkreasi lagi.

Tentang Hanif Mahaldi

Mahasiswa di UGM Jogja Jurusan Fisika Mipa, masih terus belajar mencari arti kesuksesan dengan "passion" menulis, bercerita dengan tulisan, atau apapun yang benar-benar bisa menyenangkan dengan tulisan.
Pos ini dipublikasikan di Motivasi Blogging dan tag , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Ayo NgeBlog…!

  1. Tari-ssi berkata:

    i love ngeblog dech pokoknya heheehehh

  2. Asop berkata:

    Setuju, setuju, setuju!! πŸ™‚ πŸ™‚

  3. subebeck berkata:

    LANJUTKAN bro!! πŸ˜€
    Saya jadi semangat lagi ini setelah baca tulisan teman2 yang menulis tentang AYO NGEBLOG lagi.. hehe.. padahal dulu juga pernah nulis sih, tapi sepertinya harus lebih semangat lagi…! πŸ™‚

    Salam kenal mas!

  4. Agus Siswoyo berkata:

    Ngeblog: cara paling alami upgrade ilmu.

  5. yusami berkata:

    wah…..akhir-akhir ini aku sering kebentur masalah mood….(alasan..!)

  6. z4nx berkata:

    Betul..ngeblog jadi bisa nambah pengetahuan..

  7. susiloadysaputro berkata:

    Bener banget tuh,,,

    Ayo keep Blogging

  8. Dani berkata:

    nice post

    betul banget tuh,,
    blog juga bisa untuk ndapetin uang ga ya? kalo ada,,,, hm, bayangin aja deh,! πŸ˜€

  9. citromduro berkata:

    tetap semangat dan berkarya melalui tulisan
    kepp blogging
    happy nice day

Tinggalkan komentar